Rabu, 10 April 2013

mas doel mencari laila


........ kisah mas doel mencari laila .......

pada suatu hari, mas doel pergi dari desanya, sampailah dia di sebuah kota kecil yang aman dan tentram, orang - orang disana menyebutnya sebagai kota terlarang. di kota ini mas doel banyak bertemu teman teman baru dan banyak orang alim juga, akhirnya mas doel pun mulai menyukai kota terlarang ini dan mulai tinggal disana.

pada suatu hari mas doel mendengar cerita dari teman temannya dan beberapa orang bijak disitu tentang laila, laila adalah seorang gadis yang sangat cantik dan mempesona, keindahannya sulit untuk digambarkan, katanya bahkan perhiasan terindah di kota ini pun belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan keindahan laila. menurut orang -orang yg pernah bertemu dengan laila, setiap saat bertemu laila itu seperti di surga rasanya, waktu seperti berhenti berputar dan terasa kenikmatan yg luar biasa, hanya memandang laila dari jauh aja keindahannya sangat luar biasa dan tidak bisa dilupakan bertahun tahun lamanya.

karena seringnya mendengar tentang keindahan laila, maka mas doel pun mulai tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak tentang laila, maka dia pun menemui orang orang yg pernah mengenal atau bertemu dengan laila, semakin lama rasa tertariknya menjadi menggebu-gebu dan sudah tidak tertahankan lagi, meskipun belum pernah bertemu dengan laila secara langsung, meskipun cuman mendengar tentang keindahan laila, apa daya mas doel sudah jatuh cinta kepada laila. siang malam dia terus membayangkan akan bertemu laila, dia pun mulai menyebut nyebut nama laila setiap pagi sore malam, bahkan setiap saat dia selalu menyebut dan memanggil nama laila, dalam setiap keadaan dia selalu memanggil laila, sehingga orang - orang pun mulai menduga bahwa ia telah menjadi gila alias gendeng, yah begitulah maka mas doel pun mulai dikenal sebagai orang yg gila atau tergila-gila kepada laila. yah begitulah mereka yg tidak menegerti apa arti cinta maka mengira mas doel sudah gila, sedangkan bagi mereka yg pernah jatuh cinta maka dia mengerti betul bahwa apa yg dilakukan mas doel itu wajar saja, bahkan mereka menyuruh mas doel untuk lebih sering lagi menyebut nama laila, setiap saat setiap waktu selalu menyebut nama laila.

akhirnya cerita kegilaan mas doel itu sampai juga kepada laila, maka laila pun mulai mencari tahu siapa itu mas doel, maka diam diam laila pun mengirim utusan untuk menemui mas doel, dia memberi pesan bahwa mas doel akan bisa bertemu dengannya dengan syarat dia datang seorang diri saja dan tidak ada orang lain bersamanya dan tidak boleh ada nama lain di hatinya kecuali hanya nama laila.

ternyata pesan laila ini juga di dengar oleh teman teman mas doel, maka mereka pun mulai mengikuti apa yg dilakukan oleh mas doel. maka masing masing berangkat ke rumah laila tanpa ada yg saling mengetahuinya. namun setelah mereka semua sampai di rumah laila yg begitu besar dan indah, mereka mulai melupakan laila, mereka malah mengagumi rumah laila, sehingga saat mereka lupa bahwa tujuan mereka datang ke situ adalah untuk bertemu laila, mereka sibuk mengagumi rumah laila sehingga lupa dengan laila.

namun mas doel tidak sama dengan mereka, di hati mas doel hanya ada nama laila, selain laila maka sudah dianggap tidak ada, setiap detik setiap saat, setiap waktu, setiap tempat, hanya ada nama laila, sehingga saat sampai di rumah laila pun mas doel tidak tergoda, memang rumah laila sungguh indah, dan mas doel pun menjadi semakin tertarik dengan laila, bayangkan saja jika rumahnya aja seindah ini, maka laila itu pasti jauh lebih indah dari ini, mas doel pun terus memanggil manggil laila.

dan ujian terakhir dari laila pun tiba, mas doel ditanya apakah dia bersedia membunuh dirinya untuk bertemu laila ?, apakah dia akan menerima laila apa adanya seandainya laila tidak seperti apa yang dibayangkan olehnya ?
karena cintanya sudah menggebu nggebu, maka mas doel pun menyanggupi syarat itu.
dan akhirnyamas doel berhasil bertemu laila, yang ada hanyalah kebahagian yg luar biasa bisa bertemu dengan laila yg selalu dirindukannya.

...............................................................................................
yah begitulah kisah seorang pecinta, mas doel atau mas doel adalah seorang pecinta ilahi, dia terus mencari jalan menuju gusti alloh, dia harus membuktikan cintanya kepada gusti alloh. salah satu bukti cinta adalah dia menyebut nama alloh disetiap waktu, setiap saat, setiap tempat. dia manjadi tergila gila dan selalu menyebut nama alloh. dan gusti alloh pun mengetahui tentang cinta si doel ini, maka gusti alloh memberinya petunjuk bahwa kalau dia ingin menemui gusti alloh maka syaratnya adalah hatinya hanya boleh di isi nama alloh, tidak boleh ada yg lain selain gusti alloh. dan sebagai ujian akhirnya dia harus mau membunh dirinya, maksudnya membunuh nafsunya, jika selama ini dia masih mendekati gusti alloh dengan menggunakan nafsunya, mendekati gusti alloh karena keindahan ataupun karena kekuasaannya, maka yg berikutnya dia harus mendekat kepada gusti alloh semata-mata karena alloh, bukan lagi karena keindahan ataupun sifat sifatnya, melainkan mengenal gusti alloh apa adanya, gusti alloh yg tidak dapat digambarkan dengan angan angan manusia, hanya gusti alloh ta'ala.

dan saat hal itu tercapai maka mas doel pun menjadi mas abdullah, menjadi seorang hamba alloh.
laa ilaaha illa allooh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar