Kamis, 09 Mei 2013

harga tidak harus murah, tapi rasional



*harga tidak harus murah, tapi rasional....*

banyak perusahaan ataupun pedagang yg mematok harga barang tau layanannya dengan harga yg sangat rendah sehingga margin keuntungannya sangat tipis/sedikit sekali, sehingga hampir-hampir semuanya habis buat bersaing harga, sehingga tidak ada lagi biaya buat penelitian pasar dan pengembangan produk.
yang jadi masalah dengan harga murah dengan keuntungan yg sangat sedikit adalah ketika harus membuat harga itu stabil, padahal kita ketahui bahwa kadang-kadang terjadi lonjakan harga bahan baku produksi, nah pada saat terjadi kenaikan harga bahan baku produksi maka kita akan kewalahan untuk mempertahankan harga jual kita, mau dijual dengan harga biasa maka kerugian kita semakin besar, sedangkan kalau menaikkan harga maka kita takut ditinggal pelanggan.....

sebenarnya, harga itu tidak harus murah tapi harus rasional, maksudnya yang penting pembeli atau pelanggan itu mendapatkan manfaat yg lebih besar daripada jumlah uang yg harus dibayarkannya.....

ada baikknya juga kita harus memperhatikan dikelas mana kita bermain, biasanya yg lebih menguntungkan itu kalau kita bisa bermain di kelas 'premium' (kelas atas/mahal).....

sebuah layanan yang premium sudah selayaknya menuntut harga yang premium juga. Karena untuk memberikan layanan yang ‘lebih’ kepada pelanggan, tentunya perusahaan juga harus memberikan upaya yg ‘lebih’.

Nah tentunya hal ini juga menuntut cost yg ‘lebih’ juga. Karena itulah harga yg dibebankan kepada pelanggan juga akan menjadi harga yg ‘lebih’ dibandingkan dengan harga yg ditawarkan oleh perusahaan sejenis pada umumnya.
Para pelanggan juga akan menjadi pelanggan yg ‘lebih’. Mereka akan menjadi lebih demanding.

Dan pelayanan yg tidak konsisten justru akan menjadi ‘senjata makan tuan’ bagi perusahaan.

“Ada harga ada rupa”
Nah, ketika para pelanggan anda sudah bersedia mengeluarkan kocek yg besar, maka giliran anda untuk mengimbanginya dengan memberikan value yg sepadan.
.................................................................
itu tadi sedikit pelajaran marketing yg masih ingat.... he he he

Jika anda mampu membuat biaya yg dikeluarkan oleh pelanggan menjadi lebih efisien daripada yg ingin mereka keluarkan, maka mereka akan semakin membutuhkan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar