Kamis, 02 Mei 2013

jangan iri


sebuah nasehat dari mbah slamet :

"jangan iri saat seorang "guru" atau kyai tidak mengajarimu ilmu tertentu sementara temanmu diajari olehnya. percayalah, seorang guru lebih tahu ilmu apa yg cocok untukmu, barangkali dia khawatir kalau kamu diberi ilmu yg lebih banyak saat ini, dengan kondisi kejiwaanmu yg belum dewasa dan bijaksana, maka di khawatirkan kamu bisa jadi 'iblis' berikutnya.....

kamu tahu bahwa iblis itu adalah mahkluk yg ilmunya tinggi, amalnya juga hebat karena hampir semua tempat di surga pernah dijadikan tempat sujudnya, tapi karena merasa ilmunya tinggi dan lebih berpengetahuan dari mahkluk yg lainnya maka dia berani mempertanyakan perintah gusti alloh supaya dia sujud kepada adam, meskipun dia mendebat dengan logika berpikir yg sepertinya benar dan masuk akal, namun dia lupa satu hal bahwa gusti alloh itu lebih mengetahui, lebih berilmu, lebih mengetahui apa yg akan terjadi di masa depan daripada apa yg diketahui oleh iblis itu, dia juga lupa bahwa gusti alloh punya kuasa untuk membuat segala sesuatu sesuai kehendaknya.

sedikit ilmu yg dimilki iblis itu telah membuatnya merasa lebih tinggi dari malaikat yg lain sehingga dia jadi takabur.

karena itulah ilmu itu pun harus diajarkan kepada orang yg tepat, kepada orang yg memang sudah siap untuk menerimanya, karena semua ada tanggung jawabnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar